Mengerti Arti tentang Pemuda

 

Pemuda identik dengan sebagai sosok individu yang berusia produktif dan mempunyai karakter khas yang spesifik yaitu revolusioner, optimis, berpikiran maju, memiliki moralitas. Namun saya sebagai pemuda juga masih perlu pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung, pemuda di Indonesia dewasa ini sangat beraneka ragam, terutama bila dikaitkan dengan kesempatan pendidikan. Keragaman tersebut pada dasarnya tidak mengakibatkan perbedaan dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda.

Kita sebagai pemuda Indonesia harus bisa mencontohkan perbuatan yang baik kepada siapapun, kita juga harus membuat para pahlawan yang telah gugur di medan perang tersenyum bangga kepada kita karna kita telah menjadi pemuda yang akan membangun negri indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Jaman sekarang banyak pemuda Indonesia yang di pandang buruk oleh masyarakat, banyak para pemuda yang bukannya belajar atau bekerja mereka malah berfoya-foya menghabiskan uang orangtua meraka, pulang larut malam dan lain-lain, oleh sebab itu kita sebagai pemuda yang baik jangan sampai berbuat hal yang negatif, sebaiknya kita berbuat hal-hal yang positiv saja, seperti membantu tetangga yang sedang kesusahan , belajar dan bekerja dengan giat, dan masih banyak lagi hal-hal positiv yang bisa kita kerjakan.

Proses sosialisasi pemuda tersebut bisa di lihat dari pemuda itu membantu kepada tetangga yang sedang membutuhkan. Misalnya ada tetangga yang sedang hajatan, kita boleh membantunya, nah dengan cara tersebut bisa disebut juga dengan proses sosialisasi. Banyak orang yang senang melihat para pemuda yang suka bersosialisasi , karna dengan bersosialisasi kita bisa lebih dekat dengan para masyarakat dan warga sekitar. Namun keragaman pemuda Indonesia dilihat dari kesempatan pendidikannya serta dihubungkan dengan keragaman penduduk dalam suatu wilayah, maka proses sosialisasi yang dialami oleh para pemuda sangat rumit. Sehubungan dengan perkembangan individu pemuda itu sendiri dan dalam rangka melepaskan diri dari ketergantungan pada orang tua, maka pengalaman-pengalaman yang dialainya itu kadang  membingungkan dirinya sendiri.

Masa masa pemuda bisa dilihat juga dari umur seseorang itu, seperti saya, sayapun seorang pemuda, mengapa? Karna umur saya masih 18 tahun, dan umur dari pemuda itu biasanya dari 15-21 tahun. Mahasiswa usia antara 18 – 25 tahun beradi di perguruan tinggi dan akademi. Sama halnya seperti saya, saya yang masih berumuh 18tahun sedang berada dibangku perkuliahan dan saat ini saya sedang menjadi mahasiswa di sebuah universitas. Di universitas ini banyak organisasi-organisasi yang menawarkan saya untuk bisa lebih bersosialisasi lagi kepada orang lain.

Kedudukan pemuda dalam masyarakat adalah sebagai mahluk moral, mahluk sosial. Artinya beretika, bersusila, dijadikan sebagai barometer moral kehidupan bangsa dan pengoreksi. Sebagai mahluk sosial artinya pemuda tidak dapat berdiri sendiri, hidup bersama-sama, dapat menyesuaikan diri dengan norma-norma, kepribadian, dan pandangan hidup yang dianut masyarakat. Sebagai mahluk individual artinya tidak melakukan kebebasan sebebas-bebasnya, tetapi disertai ras tanggung jawab terhadap diri sendiri, terhadap masyarakat, dan terhadap Tuhan Yang maha Esa.

Melalui proses sosialisasi, seorang pemuda akna terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya. Dengan demikian, tingkah laku seseorang akan dapat diramalkan. Dengan proses sosialisasi, seseorang menajdi tahu bagaimana ia mesti bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Dari keadaan tidak atau belum tersosialisasi, menjadi manusia masyarakat dan beradab. Kedirian dan kepribadian melalui proses sosialisasi dapat terbentuk. Dalam hal ini sosialisasi diartikan sebagai proses yang membantu individu melalui belajar dan menyesuaikan diri, bagaiman cari hidup dan bagaimana cara berpikir kelompoknya gar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya. Sosialisasi merupakan salah satu proses belajar kebudayaan dari anggota masyarakat dan hubungannya degnan sistem sosial.