LEBIH MENGETAHUI TENTANG PEMBELAJARAAN MATA KULIAH DASAR UMUM

Dalam ilmu sosial dasar disebutkan beberapa tujuan mata kuliah dasar umum, yaitu sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian seorang mahasiswa agar mampu berperan di dalam anggota masyarakat, bangsa dan agama. Selanjutnya, supaya mahasiswa bisa lebih peka terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang selalutumbuh dalam masyarakat. Dan yang ketiga dalam pembelajaran mata kuliah dasar umum yaitu mahasiswa diberikan kemampuan dasar supaya mahasiswa bisa berfikir seecara interdisipliner.

Setelah membaca tujuan dari mata kuliah dasar umum saya jadi lebih mengetahui apa saja yang akan diberikan dari dosen kepada mahasiswanya, selain pelajaran tapi mereka juga membantu kepribadian seseorang mahasiswa untuk berperan dalam masyarakatnya supaya bisa lebih baik lagi, selain itu juga supaya mahasiswa bisa lebih peka terhadap masalah dan kenyataan yang ada yang akan kita hadapi suatu saat nanti, satu lagi dalam pembelajaran mata kuliah dasar umum dijelaskan supaya kita dapat berfikir secara interdispliner dan supaya mahasiswa lebih mengerti pemikiran para ahli untuk lebih mudah berkomunikasi dengannya.

Dalam mata kuliah dasar umum ada tujuan khusus untuk menghasilkan warga negara sarjana yang baik dan itu sebaiknya bisa kita contoh supaya kita bisa jadi warga negara yang bisa dicontoh oleh masyarakat sekitar. Pertama mata kuliah dasar umum mengajari kita untuk berjiwa pancasila supaya perbuatan kita tidak melenceng dari segala aturan yang ada, dan lebih mementingkan kepentingan nasional daripada kepentingan pribadi. Kedua Taqwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa kita di ajarkan supaya kita tetap bertaqwa kepada Tuhan kita masing-masing, dan selalu memberi toleransi kepada umat agama lain, kita tidak boleh menggangu satu sama lain apalagi jika umat agama tersebut sedang beribadah. Ketiga kita di ajarkan supaya bisa memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral  didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan. Dan yang terakhir kita harus memiliki wawasan budaya yang luas da  mampu meningkatkan kualitasnya, kita sebagai mahasiswa harus melestarikan budaya indonesia supaya budaya di negara kita Indonesia tidak di ambil atau di klaim oleh negara tetangga.

 

Dalam mata kuliah dasar umum diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai banyak seperangkat pengetahuan yaitu kemampuan akademis, kemampuan profesional dan kemampuan personal. Yang dimaksud dengan kemampuan akademis yaitu kemampuan secara ilmiah, baikitu lisan maupun tulisan, jadi kita diajarkan supaya kita bisa lebih bisa berpikir secara ilmiah. Kedua kemampuan secaara profesional, kemampuan profesional bisa disebut juga dengan kemampuan dalam bidang ahli, dalam bidang ini diharapkan banyak orang yang mempunyai keahliannya sendiri dan lebih bisa menggali keahliannya. Ketiga kemampuan personal, kemampuan personal bisa disebut juga dengan kemampuan kepribadian, dengan itu para ahli diharapkan memiliki kemampuan supaya bisa menunjukkan sikap yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai, norma dan segala macam peraturan yang ada sehingga bisa banyak dicontoh oleh masyarakat banyak

Tema pokok dari ISD sebagian dari MKDU yaitu hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya. Dapat diketahui juga bahwa kita manusia tidak bisa hidup sendiri, kita butuh bantuan oranglain, jika kita hidup sendiri kita tidak akan bisa berbuat apapun.

Saya bisa lebih mengetahu arti dari ilmu sosial dasar setelah membaca artikel ilmu sosial dasar. Ilmu sosial dasar dapat juga di artikan sebagai usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran mahaiswa dalam menghadapi lingkungan sosialna dapat ditingkatkan  sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkugnan sosialnya dapaat menjadi lebih besar.

Adapun tujuan dari ilmu sosial dasar yaitu membantu kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas. Maksudnya adalah ilmu sosial dasar dapat membantu kita supaya kita bisa lebih peka terhadap wawasan pemikiran dan juga supaya kepribadian mahasiswa bisa lebih memperoleh wawasan yang luas. Sebagai mahasiswa kita memang harus mempunyai wawasan yang luas supaya kita bisa menjadi orang yang berguna dan menjadi contoh yang baik dalam masyarakat.

Perbedaan masalah sosial dengan masalah lainnya yaitu selalu ada kaitannya dengan nilai-nilai moral dan pranata-pranata sosial.

Ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiapp anggota terpelajar di Indonesiaadalah dengan mempunyai sifat yang lebih baik lagi dari sebelumnya, seorang pelajar atau mahasiswa sebaiknya bisa lebih memberi contoh kepada bahwa masyarakat bahwa dwngan menjadi pelajar kita bisa menjadi lebih baik lagi, kita juga harus memberi contoh yang baik kepada orang-orang yang tidak bisa merasakan bagaimana duduk dibangku sekolah atau bangku perkuliahan.

Sebagai mahasiswa yang mempunyai kepribadian yang baik kita juga harus melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

Dalam mata kuliah dasar umum dijelaskan juga tentang masalah sosial. Masalah sosial terbagi dua, ada yang menurut masyarakat umum dan juga ada yang menurut para ahli. Menurut masyakat umum dijelaskan bahwa segala yang menyangkut masalah kepentingan umum itu adalah masalah sosial, dan menurut para ahli masalah sosial yaitu sebuah sifat yang akan menimbulkan kekacauan dalam masyarakat itu sendiri.